Powered By Blogger

Minggu, 09 Desember 2012

10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2012

     Negara Terkaya di dunia tshun 2012 Berdasarkan Gdp (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto dari sebuah Negara, maka suatu negara dapat dikategorikan sebagai negara terkaya dan akan terus menjadi kaya. Berikut adalah negara-negara yang akan tatap menjadi negara terkaya di dunia pada tahun 2012 mendatang versi Global Finance (media bisnis terkemuka Amerika Serikat).

1. Qatar
      Sebagai negara terkaya di dunia pada tahun 2012, Negara bekas jajahan Inggris ini pada mulanya hanya menekankan pendapatan ekonomi dari perikana dan mutiara. Namun semenjak ditemukannya cadangan gas dan minyak bumi yang berlimpah pada tahun 1940-an maka negara terkaya di dunia ini melakukan transformasi ekonomi. Pendapatan per kapitanya mencapai US$ 90.149.

2. Lukssemburg
     Negara ke dua terkaya di dunia pada tahun 2012 ini menekankan sector ekonomi pada bidang industri baja dan juga sector jasa perbankkan. Pendapatan per kapitanya mencapai US$ 79.411. Juga Negara ini tergolong sebagai negara yang sedikit penduduknya.

3. Norwegia
     Negara ke tiga terkaya di dunia pada tahun 2012 ini memiliki pendapatan per kapita sebesar US$ 52.964. Dan negara ini hanya memiliki jumlah penduduk di bawah 5 juta jiwa.

4. Singapura
      Dengan pendapatan per kapita US$ 52.840. Singapura menempati urutan ke empat dalam daftar negara terkaya di dunia pada tahun 2012 merupakan negara dengan kualitas hidup nomor satu di Asia.

5. Brunei Darussalam
     Brunei Darussalam adalah, Negara kecil yang terletak di Asia Tenggara dengan pendapatan per kapita US$ 48.714. Negara terkaya ke lima di dunia ini memiliki sistem pemerintahan dalam bentuk kerajaan atau monarki.

6. Amerika Serikat

     Amerika Serikat dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 47.702. Menduduki posisi ke enam negara terkaya di dunia versi Global Finance. Negara dengan pimpinan presiden Barack Obama mengandalkan sector jasa sebagai pendapatan ekonominya.

7. Hongkong
      Negara yang dahulunya terkenal dengan sistem triadnya memiliki pendapatan per kapita US$ 44.840.

8. Swiss
     Negara dengan pendapatan per kapita sebesar US$43.903. Yang terkenal dengan kerahasiaan rekening Banknya.

9. Belanda
    Negara kincir angin yang menjadi negara terkaya di dunia pada tahun 2012datang ke Indonesia hanya untuk komoditi rempah-rempah yaitu lada, bawang merah, dan tanaman palawija lainnya. Belanda menempati urutan ini dengan pendapatan per kapita sebesar US$ 40.601.


10. Australia
Negara dengan binatang unik Kanguru dan juga Koala ini, menempati urutan negara terkaya di dunia pada tahun 2012 dengan pendapatan per kapita US$ 39.841.

-Apa itu pendapatan per kapita?
    Pendapatan per kapita adalah, besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan perkapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.
     Pendapatan per kapita sering digunakan sebagai tolok ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan suatu negara. Semakin besar pendapatan per kapitanya, semakin makmur negara tersebut.
-Per kapita bukan merupakan singkatan,,,
Asal kata, kapita: n kepala; jiwa
Misal: Pendapatan rakyat PER KAPITA setiap tahun Rp. 4.000.000,-
          PER KAPITA = PER JIWA
     Sumber: (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Dept. PDK. Balai Pustaka).

1 komentar:

Kritik & saran sobat, sangat membantu pengembangan Blog ini, Saya tunggu Looh...??/ Trms.